SYARAT DAN TATA CARA PENDAFTARAN ON-LINE CALON WISUDAWAN

A. Persyaratan Umum

Mahasiswa yang telah menyelesaikan seluruh mata kuliah pada program studinya masing-masing, dan telah dinyatakan lulus Sidang Skripsi/Tesis serta telah dilaporkan oleh masing- masing Fakultas ke  Universitas dapat  mengisi  biodata  (secara  Online)  dan  mengajukan permohonan untuk mendaftar Wisuda periode XLV Sesi I tanggal 15 Agustus 2016 atau Sesi II Tanggal 16 Agustus 2016 dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Terdaftar dipelaporan Lulusan Program Studi ke Universitas (paling lambat tanggal 12 Juli 2016)
  2. Sudah membayar uang wisuda sebesar RP 900.000,- untuk Program Sarjana dan Program Profesi Rp. 1.250.000,- untuk Program Pascasarjana
    (belum termasuk biaya ikatan alumni Unswagati)
  3. Sudah mengembalikan pinjaman buku di perpustakaan Fakultas/Universitas.
  4. Sudah menyelesaikan seluruh urusan administrasi dan kemahasiswaan pada Fakultas masing-masing.
  5. Apabila pendaftar wisuda telah memenuhi quota sebanyak 700 orang (Sesi I 350 orang dan Sesi II 350 orang) atau melewati jadwal yang sudah ditetapkan , maka wisudawan tersebut akan diikutsertakan pada wisuda periode berikutnya (Desember 2016).

B. Jadwal Kegiatan Pendaftaran dan Pelaksanaan Wisuda Periode XLIV

No Tanggal Kegiatan Keterangan
1 Paling Lambat 12 Juli 2015
  • Pelaporan Data Lulusan dari Program Studi yang     berhak     mengikuti     wisuda ke Universitas
2 13  Juni  2016  sd. 15 Juli 2016 –  Pembayaran Uang Wisuda –  Pembayaran  di  Bank  BJB (seluruh  Jawa  Barat)  atau Keuangan Universitas
3 13  Juni  2016  sd. 16 Juli 2016 –  Pengisian Biodata Online –  Apabila   Kesulitan   dalam pengisian  dapat  hub.  TIK Unswagati    Telp.    (0231)206558 ext. 120
4 13 Agustus 2016 –  Gladi Resik Wisuda –  Pukul 09.00 sd. selesai
5 15 Agustus 2016 –  Wisuda XLV Sesi I –  Pukul 07.30 sd. selesai
6 16 Agustus 2016 –  Wisuda XLV Sesi II –  Pukul 07.30 sd. selesai

Catatan : Tempat pelaksanaan Gladi Resik dan Wisuda di Auditorium Kampus I Unswagati.

C. Pesyaratan Khusus

  1. Ketentuan pendaftaran Online melalui portal http://mahasiswa.unswagati.ac.id :
    Username dan password yang digunakan adalah NPM dan password tanggal lahir dengan format pengisian DDMMYY contoh : 010195. Entry Biodata sesuai dengan Ijazah terakhir, akta kelahiran atau SK pengangkatan pegawai bagi yang sudah PNS *) yang akan digunakan untuk data Ijazah dan Transkrip Nilai. Upload/Unggah scan ijazah SMA asli dan atau Ijazah Sarjana asli bagi Program Pascasarjana, format file photo berekstensi jpg dengan ukuran file minimal 100 KB dan maksimal 500 KB. Upload/Unggah pas photo hitam putih untuk buku wisuda dengan ukuran 2×3 cm, format file photo berekstensi jpg dengan ukuran file minimal 30 KB dan maksimal 200 KB. Entry judul Skripsi/Tesis disesuaikan dengan cover Skripsi/Tesis (kesalahan entry menjadi tanggung jawab mahasiswa). Perubahan  data  entry  di  portal  http://mahasiswa.unswagati.ac.id  dapat  dilakukan maksimal 2 x 24 Jam setelah tanggal entry data awal (kesalahan entry menjadi tanggung jawab mahasiswa).
  2. Ketentuan persyaratan kelengkapan Ijazah Lulusan Unswagati sebagai berikut :
    Menyerahkan  printout  Biodata  Ijazah  di  portal  http://mahasiswa.unswagaac.id Kepada Bagian Akademik Universitas paling lambat 2 hari setelah entry data online. Fotokopi  (Ijazah terakhir, akta kelahiran atau SK terakhir bagi PNS *) sesuai dengan data yang diisikan pada Biodata Ijazah. Pas  photo  terbaru  hitam putih untuk ijazah dan transkrip ukuran 4×6 = 4 lembar, 3×4 = 2 lembar. Khusus untuk FKIP pas photo ukuran 4×6 = 8 lembar.d.  Fotokopi bukti pembayaran uang ijazah.
  3. Ketentuan persyaratan kelengkapan wisuda periode XLV sebagai berikut :
    Menyerahkan  printout  Biodata  di  portal http://mahasiswa.unswagaac.id Kepada Bagian Akademik Universitas paling lambat 3 minggu sebelum pelaksanaan wisuda. Fotokopi Kartu Mahasiswa. Fotokopi bukti pembayaran uang wisuda.
  4. Ketentuan Revisi Biodata Ijazah yang melewati batas 2 x 24 jam batas perubahan data secara online,  maka dilaksanakan dibagian akademik Universitas dengan kegiatan melakukan revisi biodata Ijazah, Judul Skripsi/Tesis dan foto wisuda (tidak boleh diwakilkan) dan apabila terdapat kesalahan data pada waktu proses revisi biodata, maka diharapkan para calon wisudawan membawa foto kopi (ijazah, akte kelahiran ataupun SK pegawai bagi yang sudah PNS *) dan halaman judul Skripsi/Tesis dan melampirkannya dengan   kertas   revisi   biodata   untuk   kemudian   diserahkan   ke   Bagian   Akademik Universitas.
  5. Untuk Diperhatikan:
    Pendaftaran calon wisuda dan verifikasi biodata tidak boleh diwakilka. Pendaftaran calon wisuda tidak akan dilayani diluar jadwal yang telah ditetapkan. Bila  calon  wisudawan/wati ternyata  memberikan data  dan  dokumen administrasi akademik yang tidak benar atau palsu, maka otomatis pendaftaran wisudanya dinyatakan batal dan yang bersangkutan dikenakan sanksi akademik sesuai dengan peraturan yang berlaku. Bagi para calon wisudawan yang tidak melakukan Revisi Biodata apabila terjadi kekeliruan dikemudian hari maka tidak ada lagi penggantian Ijazah, kecuali surat keterangan pengganti Ijazah.

*) – data yang dipakai hanya salah satu

Cirebon,      Juni 2016 a.n. Rektor

Wakil Rektor I,

Ttd

Dr. Alfandi, Ir., M.Si.

NIP 19620522 198803 1 003